TUGAS PEMBELAJARAN IPA DI SD
RANCANGAN PEMBELAJARAN OBSERVASI
DISUSUN
OLEH :
NAMA : INDRIYANI
NIM :
825507487
S1 BI PGSD POKJAR DUREN SAWIT
UNIVERSITAS TERBUKA
JAKARTA 2015
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN. Pondok Kopi
05 Petang
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok :
Energi dan Penggunaannya
waktu :
8 x
45 menit (4 X
pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
8.
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
B.
Kompetensi Dasar
8.1 Mendeskripsikan energi
panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
C.
Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Menyebutkan contoh energi panas
-
Lilin
yang menyala menghasilkan panas
-
Gesekan antara dua
benda dapat menghasilkan panas.
-
Dua telapak tangan
yang digesekan menghasilkan panas
o
Siswa
dapat Memahami pemantulan bunyi
-
Bunyi
pantul
-
Gaung
atau Kerdam
-
Gema
- Siswa
dapat Memahami penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat
menyerap bunyi.
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi Essensial
Energi dan
penggunaannya
o
Energi
Panas
o
Energi
Bunyi
E.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o Batu, pengaris mika, mug, kantong plastik, kertas koran,
handuk, air hangat, jam, karet gelang.
F.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o
Memahami peta konsep tentang Energi panas.
|
(5 menit)
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami
istilah sumber energi panas.
F
Menyebutkan
contoh sumber energi panas
-
Lilin yang
menyala menghasilkan panas
- Gesekan antara dua
benda dapat menghasilkan panas.
- Dua telapak tangan
yang digesekan menghasilkan panas
F
Memahami matahari sebagai sumber energi panas yang
sangat besar dan tidak akan habis serta fungsinya
bagi kehidupan di Bumi.
F
Memahami bahwa
panas dapat berpindah
F
Menyebutkan
cara perpindahan panas untuk kebutuhan.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o Menarik kesimpulan bahwa;
-
Sumber energi panas terbesar adalah matahari
-
Panas dapat
berpindah
|
(5 menit)
|
||
o Tugas .
|
|
||
Pertemuan ke-2
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas
8.1
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya.
|
(5 menit)
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami peta
konsep tentang energi Bunyi.
F
Memahami dan
memberikan contoh bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar:
F
Memahami
istilah frekuensi, amplitodo dan nada.
F
Memahami bunyi
audiosonik, infrasonik dan ultrasonik.
F
Memahami bahwa
bunyi dapat merambat melalui
-
benda gas,
-
benda cair
-
benda padat.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Menarik kesimpulan bahwa bunyi dihasilkan oleh getaran
|
(5 menit)
|
||
o -
|
|
||
Pertemuan ke-3
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya mengenai kegiatan
8.4.
|
(5 menit)
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami bahwa
kecepatan perambatan bunyi melalaui berbagai jenis benda tidaklah sama.
F
Memahami
pemantulan bunyi
-
Bunyi pantul
-
Gaung atau
Kerdam
-
Gema
F
Memahami
penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat menyerap bunyi
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dipantulkan dan
diserap
|
(5 menit)
|
||
o
|
|
||
Pertemuan ke-4
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapk
o
an
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya mengenai kegiatan
8.4.
|
(5 menit)
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengetahui bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan
mengetarkan sumber bunyi, seperti :
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dihasil oleh alat musik
|
(5 menit)
|
||
o -
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas.
o
Mendemonstrasikan
adanya perpindahan panas.
o
Membuat daftar
sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o Menyimpulkan bahwa
bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o
Menunjukkan
bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o Menunjukkan bahwa
bunyi dapat dipantulkan atau diserap.
|
Tugas
Individu
dan
kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
Uraian
Objektif
|
o Jelaskanlah
sumber-sumber energi panas.
o
Jelaskanlah
adanya perpindahan panas.
o
Buatkanlah
daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o Simpulkan bahwa
bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o
Jelaskanlah
bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o Jelaskanlah bahwa
bunyi dapat dipantulkan atau diserap.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Jakarta,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas.
JUMADI,S.Pd.I INDRIYANI.
S.Pd
NIP : NIP :